Pages

Kamis, 04 Juni 2020

Bagaimana cara menerbitkan buku di Jember?




Anda datang ke blog saya mungkin sedang mencari-cari bagaimana cara menerbitkan karya tulis di kota kecil seperti Jember ini? Jember yang geliat literasinya bisa dibilang tak gemerlap seperti kota Yogyakarta. Jember minim minat baca. Jangankan Jember, Indonesia saja menduduki peringkat kedua dari belakang, atau peringkat ke-60 dari 61 negara. Itulah data yang saya jumpai dari riset UNESCO. Mengecewakan, bukan?

Nah, bagi Anda yang punya kerangka atau outline dari sebuah naskah (genre apa pun), ada rekomendasi dari saya mengenai penerbit yang bisa mewujudkan Anda menjadi penulis.

Fast respone atau cepat tanggap adalah perbuatan yang sangat saya sukai apabila bertanya-tanya kepada orang melalui online, entah berupa facebook, whatsApp, instagram dan lain-lain. Begitu juga ketika saya bertanya mengenai penerbitan, saya amat senang sekali dengan satu penerbit di Jember yang begitu cepat feedback-nya. Namanya penerbit Nur Media Publishing. Penerbit Indie.

Saya merekomendasikan untuk Anda-Anda semua, khususnya yang tinggal di Jember untuk cetak di penerbit tersebut. Sebelum lanjut lebih jauh, maaf saya tidak berniat untuk promosi. Sebab ini pengalaman pribadi saya. Saya berniat bisa membantu Anda, utamanya yang punya naskah atau pun baru cari-cari informasi, dan nyasar di blog saya ini. Dengan harapan, semoga mimpi Anda terwujud dengan kemudahan yang diberikan penerbit ini.

Kenapa saya merekomendasikan penerbit ini? ya, seperti alasan pertama saya di atas, yakni fast respone atau cepat tanggap menjawab pertanyaan. Bahkan sekedar salam sekalipun, akan dijawab.

Alasan kedua adalah, orang dibalik penerbit ini low profile. Jika punya sifat seperti ini, hampir dipastikan banyak orang suka. Bukankah begitu? padahal owner dari penerbit ini adalah eks penulis terbaik dari suatu penerbit mayor di Yogyakarta. Karya-karyanya sudah ratusan judul. Diantaranya ada yang best seller bahkan pernah 'dilirik' oleh negeri jiran, Malaysia.

Alasan ketiga, murah. Budget yang Anda keluarkan untuk mencetak buku itu terjangkau. Untuk alasan yang ini, silahkan Anda bandingkan dengan penerbit-penerbit yang lain terlebih dahulu, barangkali saya salah. Anda bisa melihat tabel harga cetak yang saya lampirkan ini. Untuk jasa cover juga terjangkau dan tentu saja menyesuaikan dengan kerumitannya.



Alasan keempat, pengalaman. Ya, pengalaman adalah guru yang berharga. Saya kira untuk owner penerbit ini sudah mengenyam banyak sekali pengalaman. Berbekal pengalaman menjadi penulis bertahun-tahun di penerbit mayor, tentu saja mengantongi berbagai macam ilmu seluk beluk penerbitan dan kepenulisan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai percetakan, penerbitan, karya dan lain-lain, Anda bisa buka link blognya: https://www.portalnumed.my.id/p/anda-punya-naskah-untuk-dicetak-apapun.html.

Semoga tulisan ini membantu. Semoga Jember maju akan literasinya!

Jangan ragu berkarya!

Anda semua calon penulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar